Cara Membuat Kue lumpur (bingka) labu kuning Untuk Pemula!

Kue lumpur (bingka) labu kuning.
Seperti kue lumpur pandan, pisang, tape, roti tawar, ubi ungu, dan kue lumpur yang menggunakan labu kuning. Untuk variasi kue lumpur lainnya adalah kue lumpur pandan, kue lumpur stroberry, kue lumpur bunga telang, kue lumpur lapindo, kue Seperti pada Resep Kue Lumpur Kentang, penggunaan topping atau hiasan pada kue lumpur labu kuning ini juga bisa disesuaikan dengan selera. Kue lumpur labu kuning adalah salah satu resep kue basah tradisional yang sampai saat ini masih disukai oleh sebagian besar masyarakat kita.

Kue lumpur (bingka) labu kuning

Kue yang melewati proses pemanggangan ini memadukan labu kuning dan tepung terigu sehingga menciptakan rasa lembut yang juga sedap saat dipandang mata.

Kue Bingka Labu Kuning memiliki rasa manis, sedikit gurih dan berlemak dengan tekstur yang lembut.

Seperti judulnya Resep Bingka Labu Kuning terbuat dari tambahan buah labu kuning yang dicampurkan kedalam adonan tepung terigu, jangan lupa tambahkan vanili dalam adonan kue ini agar.

Sobat dapat menyiapkan Kue lumpur (bingka) labu kuning hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin Kue lumpur (bingka) labu kuning yuk!

Bahan-bahan Kue lumpur (bingka) labu kuning

  1. Gunakan 300 gr of labu kuning (kukus).
  2. Diperlukan 2 gelas belimbing of tepung terigu (ini bisa ditambah yah, tergantung kandungan air didalam labu dan jenis tepung).
  3. Sediakan 2 butir of telur.
  4. Gunakan 6 sdm of gula pasir.
  5. Dibutuhkan 2-3 sdm of skm putih.
  6. Siapkan 1/2 sdt of vanili bubuk.
  7. Sediakan 1/2 sdt of garam.
  8. Gunakan 4 sdm of margarine (lelehkan).
  9. Sediakan 65 ml of santan instan ditambah air sampai volume 500 ml.
  10. Diperlukan of Margarine (olesan wajan).

Kue Lumpur merupakan kue basah yang enak dengan tektur yang lembut.

Kue lumpur biasanya terbuat dari kentang atau umbi tapi bisa juga memakai bahan lainnya seperti kue lumpur labu kuning spesial ini yang terbuat dari labu kuning.

Di Sidoarjo Jawa Timur, kue lumpur menjadi sasaran utama wisata kuliner.

Makanan ringan ini berbahan utama labu kuning atau kentang lalu diberi santan, tepung terigu, telur dan diberi kismis sebagai topping.

Cara membuat Kue lumpur (bingka) labu kuning

  1. Kukus labu, lalau haluskan (tunggu suhu ruang).

  2. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut, masukan vanili, dan garam kocok lagi hinga tercampur rata.

  3. Masukan tepung terigu (sambil diayak boleh) aduk hingga tercampur rata.

  4. Masukan labu yang udah dihaluskan, lalu aduk hingga tercampur rata.

  5. Tambahkan santan dan skm lalu aduk lagi hingga rata, terakhit masukan margarine yang udah dilelehkan, aduk rata lalu saring.

  6. Diamkan adonan kurang lebih 10-15 menit yah.

  7. Panaskan wajan, lalu olesin sedikit margarine, mau banyak juga gpp asal jangan banyak banget. Kalau emang wajanya anti lengket di skip juga boleh, tapi ntr kaya kurang beminyak gitu hahaha kan enak kalau minyak banyak.

  8. Masukan adonan kedalam wajan, pangan dengan api sedang cenderung kecil terus ditutup yah biar mateng hingga atas, pangan hingga matang, kalau mau tambhan topinh pas keadaan setengah mateng yah, atau 3/4 mateng biar toppong gak tenggelam kalau kecepatan, kalau kelamabtan toppingnya pisah hahaha,.

  9. Ini sengaja agak digosongin, karna suami sukanya uang pinggiranh udah kau gosong, katanya lebih enak, apalagi kalau dimakan pas udah dingin banget, pake kopi hitam, ma sha Allah lupa sama kerjaan katanya.

Okay, back to bingka labu kuning, I'm glad the second time I tweaked the recipe, it turned out great!

I added grated coconut in there too.

The rich, moist, and bouncy texture is what Southeast Asians love about kue bingka.

This kue bingka labu kuning, like many kue, is perfect for dessert or snacks.

Resep by Arika cuma saya tambah garam aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *